pendirian usaha bisnis MIE HIJAU AA DD




PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
BISNIS MIE HIJAU









OLEH :

DEDE PURWANDI
22214617
1EB17



JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA








KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah saya dapat menyelesaikan tugas ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. saya sangat berharap proposal ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai bagaimana cara membuat sebuah usaha dengan diawali dengan proposal. saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang saya harapkan. Untuk itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.

Semoga proposal sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.










depok, 30 november 2014

Penyusun,




DAFTAR ISI

Halaman Judul ................................................................................................  1
Kata Pengantar ................................................................................................ 2
Daftar Isi ....................................................................................................... 3
A.    Latar Belakang .............................................................................. 4
B.     Peluang Bisnis ..............................................................................  4
C.     Nama Usaha .................................................................................  4
D.    Rencana Lokasi Usaha ..................................................................  5
E.     Target Pelanggan ..........................................................................  5
F.      Analisa Pemasaran Produk ............................................................. 5
G.    Analisis SWOT ............................................................................. 6
H.    Memulai  Usaha ............................................................................ 7
I.       Analisis Bisnis ..............................................................................  7
Penutup .......................................................................................................  9






A. Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan/ skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan/ industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran.
Sebagai manusia yang berpikir akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, penulis yang merupakan seoang mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis mie hijau.

B. Peluang Bisnis
Hampir semua orang suka makan mie. Akan tetapi, mie yang dijual oleh para pedagang kaki lima di kota Depok memiliki banyak kesamaan dengan mie pedagang kaki lima yang lain yang dapat diteliti dari segi  rasa, model, cara pembuatan, bahkan resep yang sama. Disamping itu, jumlah penduduk kota Depok yang semakin betambah banyaknya. Kemudian dalam membuat tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi sehingga memungkinkan bisnis tersebut bisa dijalankan. Maka dari itu, mie yang akan diproduksi seharusnya memiliki perbedaan dan memiliki ciri yang khas.


C. Nama Usaha
Usaha yang akan didiikan diberi nama “MIJAU AA DD” dengan badan usaha berbentuk perseorangan.





D. Rencana Lokasi Usaha
1.   Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat sebagai berikut :
·      Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
·      Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·      Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.


2.   Lokasi yang kami prioritaskan adalah di jalan Margonda , dengan pertimbangan sebagai berikut :
·      Lokasi dekat dengan beberapa perguruan tinggi  dan sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah.
·      Lokasi dekat dengan Mall.
·      Di jalan tersebut memungkinkan semua kalangan masyarakat dapat bekunjung.


E. Target Pelanggan
Target pelanggan Mie Hijau yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas.
F. Analisa Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang saya gunakan adalah :
·      Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (cita rasa, ciri khas, dan pelayanan yang sebaik mungkin), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
·    
  Strategi Promosi
1.     Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
2.       Setiap pelanggan yang membeli Mie Hijau akan mendapatkan gantungan kunci MIJAU AA DD . Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
·     
Strategi Bisnis
1.      Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.
2.      Melakukan modifikasi penyajian dan rasa.


G. Analisis SWOT:
1. Strength        :
a. Sedikit pesaing.
b. Modal untuk memulai usaha kecil.
c. Potensi usaha sangat besar.
d. Respon masyarakat Depok yang positif terhadap Makanan.
e. Ciri khas dari Mie Hijau yang menarik perhatian masyarakat.

2. Weakness    :
a. Usaha terbilang baru.
b. Belum dikenal.
c.  Jumlah tenaga pembantu terbatas.

3. Opportunity:
a. Dapat dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.
b. Gemarnya masyarakat dalam membeli Mie.
c. Harga yang lebih murah.

4. Threath        :
a.  Timbul usaha yang sejenis.
b. Jaringan usaha yang belum luas.
c.  Kesediaan bahan baku yang terbatas karena harus membeli di daerah luar.
d.  Perhitungan pembelian bahan baku yang tidak tepat sehinggah terjadi kelebihan atau kekurangan stok bahan baku.
e. Rasa Mie yang tidak enak dimakan karena salah racikan dalam pembuatan Mie.






H. Memulai  Usaha
Dalam memulai usaha ini ada beberapayang perlu diperhatikan dalam memulai usaha ini, yaitu sebagai berikut.
1.     Keinginan meracik sendiri Mie Hijau secara kreatif.
2.      Tempat/lahan untuk mengolah MIE.
3.      Memperbanyak wawasan tentang pembuatan Mie Hijau.
4.     Melakukan survei terhadp pembeli yang mulai datang. Kemudian meminta masukan-masukan yang akan menunjang dan memajukan bisnis ini.
5.     memiliki jaringan pemasaran yang luas.
6.     Mempersiapkan pealatan masak seperti kompor, panci, dan sebagainya.

Contoh Mie Hijau :







I. Analisis Bisnis
Modal Awal
Peralatan:
Gerobak                                                           Rp       1.500.000,00
Tenda                                                              Rp           500.000,00
Meja dan kursi                                                            Rp           500.000,00
Peralatan masak                                             Rp        1.000.000,00
Peralatan makan                                             Rp           700.000,00
Papan nama                                                    Rp           300.000,00
Lain-lain                                                         Rp        1.000.000,00 +
Jumlah                                                                        Rp        5.500.000,00

Peralatan yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.500,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 5.500.000,00 – Rp 1.500,00)/4 = Rp 1.374.600,00 per tahun atau sama dengan Rp 114.500,00 per bulan.

Perkiraan penjualan per bulan
Asumsi per hari terjual 55 porsi
20 porsi × Rp 15.000,00 × 30 hari          Rp    9.000.000,00

Biaya-biaya:
Penyusutan peralatan                                     Rp         114.500,00
Bahan baku (Rp 180.000,00 × 30 hari)          Rp      5.400.000,00
Upah pegawai                                                 Rp         750.000,00
Listrik, air, dan gas                                        Rp         230.000,00
Biaya lain-lain                                               Rp           50.000,00 +
Jumlah                                                           Rp      6.544.500,00

Prive                                                              Rp        100.000,00

Laba bersih per bulan
Penjualan – biaya-biaya – prive = laba bersih
Rp 9.000.000,00 – Rp 6.544.500,00 – Rp 200.000,00 = Rp 2.255.500,00

Perkiraan modal kembali (Pay Back Periode)
Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan)
Rp 5.500.000,00 ÷ Rp 2.255.500,00 = ± 2,5 bulan

Jadi modal akan kembali sekitar 2,5 bulan




PENUTUP

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah proposal ini. Saya berharap semoga usaha yang saya jalankan dapat berkembang, untuk itu saya membutuhkan bantuan dari investor.
saya yakin dengan rencana ini usaha yang akan saya lakukan mampu memperoleh keuntungan besar.
Dan hal-hal yang belum tercantum pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan yang tercantum akan ditinjau kembali sebagai pengajuan dan sebagai bahan pertimbangan bagi investor.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar