PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA
BISNIS
MIE HIJAU
OLEH
:
DEDE
PURWANDI
22214617
1EB17
JURUSAN
AKUNTANSI
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia,
serta taufik dan hidayah-Nya lah saya dapat menyelesaikan tugas ini sebatas
pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. saya sangat berharap proposal ini
dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai
bagaimana cara membuat sebuah usaha dengan diawali dengan proposal. saya juga
menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan
dan jauh dari apa yang saya harapkan. Untuk itu, saya berharap adanya kritik,
saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada
sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
Semoga proposal sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
depok,
30 november 2014
Penyusun,
Penyusun,
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul
................................................................................................
1
Kata
Pengantar
................................................................................................
2
Daftar
Isi .......................................................................................................
3
A.
Latar Belakang
..............................................................................
4
B.
Peluang Bisnis ..............................................................................
4
C.
Nama Usaha
.................................................................................
4
D.
Rencana Lokasi Usaha
.................................................................. 5
E.
Target Pelanggan ..........................................................................
5
F.
Analisa Pemasaran Produk
............................................................. 5
G.
Analisis SWOT
............................................................................. 6
H.
Memulai Usaha
............................................................................ 7
I.
Analisis Bisnis
..............................................................................
7
Penutup
.......................................................................................................
9
A.
Latar Belakang
Semakin
berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka kita
dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan/ skill agar kita mampu
memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya
banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam
menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan/
industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap
karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran.
Sebagai
manusia yang berpikir akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara
mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang
dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat
dari kesadaran tersebut diatas, penulis yang merupakan seoang mahasiswa berniat
mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan
yaitu bisnis mie hijau.
B.
Peluang Bisnis
Hampir
semua orang suka makan mie. Akan tetapi, mie yang dijual oleh para pedagang
kaki lima di kota Depok memiliki banyak kesamaan dengan mie pedagang kaki lima
yang lain yang dapat diteliti dari segi rasa, model, cara pembuatan,
bahkan resep yang sama. Disamping itu, jumlah penduduk kota Depok yang semakin
betambah banyaknya. Kemudian dalam membuat tidak memerlukan biaya yang terlalu
tinggi sehingga memungkinkan bisnis tersebut bisa dijalankan. Maka dari itu,
mie yang akan diproduksi seharusnya memiliki perbedaan dan memiliki ciri yang
khas.
C.
Nama Usaha
Usaha
yang akan didiikan diberi nama “MIJAU AA DD” dengan badan usaha berbentuk
perseorangan.
D.
Rencana Lokasi Usaha
1.
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat
sebagai berikut :
·
Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah
Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
·
Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·
Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
2.
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di jalan Margonda , dengan pertimbangan
sebagai berikut :
·
Lokasi dekat dengan beberapa perguruan tinggi dan sekitar lokasi terdapat
beberapa sekolah.
·
Lokasi dekat dengan Mall.
·
Di jalan tersebut memungkinkan semua kalangan masyarakat dapat bekunjung.
E.
Target Pelanggan
Target
pelanggan Mie Hijau yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari
tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas.
F.
Analisa Pemasaran Produk
Strategi
pemasaran yang saya gunakan adalah :
·
Strategi Harga
Strategi
harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah
harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (cita rasa, ciri khas, dan
pelayanan yang sebaik mungkin), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah
bila dibandingkan dengan pesaing.
·
Strategi Promosi
1. Promosi penjualan yang bisa
dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut,
penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
2. Setiap pelanggan yang membeli
Mie Hijau akan mendapatkan gantungan kunci MIJAU AA DD . Ini adalah salah satu
bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
·
Strategi
Bisnis
1.
Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.
2.
Melakukan modifikasi penyajian dan rasa.
G.
Analisis SWOT:
1.
Strength :
a.
Sedikit pesaing.
b.
Modal untuk memulai usaha kecil.
c.
Potensi usaha sangat besar.
d.
Respon masyarakat Depok yang positif terhadap Makanan.
e.
Ciri khas dari Mie Hijau yang menarik perhatian masyarakat.
2.
Weakness :
a.
Usaha terbilang baru.
b.
Belum dikenal.
c.
Jumlah tenaga pembantu terbatas.
3.
Opportunity:
a.
Dapat dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.
b.
Gemarnya masyarakat dalam membeli Mie.
c. Harga
yang lebih murah.
4.
Threath :
a.
Timbul usaha yang sejenis.
b.
Jaringan usaha yang belum luas.
c.
Kesediaan bahan baku yang terbatas karena harus membeli di daerah luar.
d.
Perhitungan pembelian bahan baku yang tidak tepat sehinggah terjadi kelebihan
atau kekurangan stok bahan baku.
e.
Rasa Mie yang tidak enak dimakan karena salah racikan dalam pembuatan Mie.
H.
Memulai Usaha
Dalam
memulai usaha ini ada beberapayang perlu diperhatikan dalam memulai usaha ini,
yaitu sebagai berikut.
1.
Keinginan
meracik sendiri Mie Hijau secara kreatif.
2.
Tempat/lahan untuk mengolah MIE.
3.
Memperbanyak wawasan tentang pembuatan Mie
Hijau.
4.
Melakukan
survei terhadp pembeli yang mulai datang. Kemudian meminta masukan-masukan yang
akan menunjang dan memajukan bisnis ini.
5.
memiliki
jaringan pemasaran yang luas.
6.
Mempersiapkan
pealatan masak seperti kompor, panci, dan sebagainya.
Contoh Mie Hijau :
I.
Analisis Bisnis
Modal
Awal
Peralatan:
Gerobak Rp
1.500.000,00
Tenda
Rp 500.000,00
Meja
dan kursi
Rp 500.000,00
Peralatan
masak
Rp 1.000.000,00
Peralatan
makan
Rp 700.000,00
Papan
nama
Rp 300.000,00
Lain-lain
Rp 1.000.000,00 +
Jumlah
Rp 5.500.000,00
Peralatan
yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar
Rp 1.500,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan
per tahun = (Rp 5.500.000,00 – Rp 1.500,00)/4 = Rp 1.374.600,00 per tahun atau
sama dengan Rp 114.500,00 per bulan.
Perkiraan
penjualan per bulan
Asumsi
per hari terjual 55 porsi
20
porsi × Rp 15.000,00 × 30
hari Rp
9.000.000,00
Biaya-biaya:
Penyusutan
peralatan Rp
114.500,00
Bahan
baku (Rp 180.000,00 × 30 hari) Rp
5.400.000,00
Upah
pegawai Rp
750.000,00
Listrik,
air, dan gas
Rp
230.000,00
Biaya
lain-lain
Rp
50.000,00 +
Jumlah
Rp 6.544.500,00
Prive
Rp 100.000,00
Laba
bersih per bulan
Penjualan
– biaya-biaya – prive = laba bersih
Rp
9.000.000,00 – Rp 6.544.500,00 – Rp 200.000,00 = Rp 2.255.500,00
Perkiraan
modal kembali (Pay Back Periode)
Modal
awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan)
Rp
5.500.000,00 ÷ Rp 2.255.500,00 = ± 2,5 bulan
Jadi
modal akan kembali sekitar 2,5 bulan
PENUTUP
Dengan
memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah
proposal ini. Saya berharap semoga usaha yang saya jalankan dapat berkembang,
untuk itu saya membutuhkan bantuan dari investor.
saya
yakin dengan rencana ini usaha yang akan saya lakukan mampu memperoleh keuntungan
besar.
Dan
hal-hal yang belum tercantum pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan
yang tercantum akan ditinjau kembali sebagai pengajuan dan sebagai bahan
pertimbangan bagi investor.
Atas
perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar